7 Tes Kesehatan Berikut Wajib Dilakukan Calon Pengantin Sebelum Menikah

img
Ilustrasi calon pengantin

KOMPAS.com – Mempersiapkan pernikahan bisa dibilang gampang-gampang susah. Pasalnya, tak sedikit hal yang harus dipersiapkan calon pengantin agar acara pernikahan berjalan lancar sesuai rencana.

Adapun hal yang perlu dipersiapkan tak hanya mengurung gedung, katering, test-food, undangan, dan make-up artits, tetapi juga melakukan tes kesehatan pra-nikah.

Untuk diketahui, tujuan tes kesehatan pra-nikah adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh serta mencari tahu ada atau tidaknya penyakit menular yang diderita oleh kedua calon pengantin.

Dengan begitu, calon pengantin bisa merencanakan kehamilan secara sehat sehingga anak yang dilahirkan kelak dapat tumbuh optimal. Caon buah hati pun bisa terhindar dari berbagai masalah kesehatan, termasuk stunting.

Baca Juga: 10 Daftar Persiapan Pernikahan Wajib Calon Pengantin

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan, waktu ideal setiap calon pengantin melakukan tes kesehatan adalah tiga bulan sebelum menikah.

Lantas, tes apa saja yang harus dilakukan? Berikut tujuh tes kesehatan yang wajib dilakukan calon pengantin.

1. Pemeriksaan darah

Tes kesehatan pertama adalah pemeriksaan darah. Biasanya, pemeriksaan darah terdiri dari pemeriksaan hemoglobin, sel darah merah, sel darah putih, trombosit, hematokrit, dan laju endap darah.

Pemeriksaan darah bertujuan untuk mencari tahu risiko anemia pada calon ibu hamil. Hal ini mengingat kondisi anemia parah yang terbawa hingga masa kehamilan bisa meningkatkan risiko stunting pada anak.

Baca Juga: Apakah Tujuan Menikah adalah Mencari Kebahagiaan Saja?

2. Pemeriksaan golongan darah dan rhesus

Pemeriksaan golongan darah dan rhesus bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya kecocokan rhesus dengan pasangan.

Adapun mengetahui informasi golongan darah hingga rhesus adalah hal penting. Sebagai contoh, saat ibu sedang hamil, penting untuk mengetahui golongan darah untuk keperluan transfusi darah, baik untuk ibu atau bayi.

Dengan begitu, tenaga kesehatan (nakes) seperti bidan dapat mengetahui bahwa ibu dan bayi memiliki golongan darah dengan rhesus sama.

Golongan darah ibu bisa saja sama dengan bayi, tetapi rhesus-nya bisa berbeda.
Apabila memiliki rhesus berbeda, bisa berdampak buruk bagi kondisi kesehatan janin di kandungan, hingga berisiko menyebabkan kematian janin.

Baca Juga: 10 Penyebab Stunting pada Anak, Jangan Anggap Sepele

3. Tes urine

Tes urine juga wajib dilakukan bagi calon pengantin. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi adanya kelainan ginjal, saluran kemih, serta mendeteksi penyakit metabolik atau sistemik.

Selain itu, tes urine bagi calon pengantin dapat meyakinkan para orangtua bahwa anak mereka memiliki pasangan yang tepat. Dengan begitu, mereka dapat melahirkan keturunan yang sehat.

4. Pemeriksaan kadar gula darah

Tes kesehatan ini dilakukan untuk menentukan kondisi hiperglikemia calon pengantin. Langkah ini penting dilakukan guna mencegah terjadinya komplikasi yang disebabkan diabetes selama masa kehamilan.

5. Tes penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual dapat menular pada pasangan dan calon buah hati. Untuk itu, genbest dan pasangan perlu melakukan tes penyakit menular seksual sebelum menikah guna mengetahui ada tidaknya penyakit human immunodeficiency virus (HIV), sifilis, herpes, hepatitis, gonore, dan human papillomavirus (HPV).

Baca Juga: Cek di Sini, Apakah Genbest Sudah Siap Menjadi Orang Tua?

6. Pemeriksaan organ reproduksi

Tes kesehatan ini sangat penting dilakukan, terutama bagi pasangan yang ingin segera memiliki keturunan.

Secara garis besar, tes kesehatan ini dilakukan untuk mencari tahu kesuburan, serta reproduksi pria dan wanita dalam keadaan sehat atau justru sebaliknya.

7. TORCH

Tes yang tak kalah penting dilakukan calon pengantin adalah Toxoplasmosis, Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes simpleks atau disebut TORCH.

Jika tidak dideteksi sejak dini, TORCH dapat menyebabkan keguguran dan bayi lahir prematur. Untuk itu, setiap calon pengantin wanita diwajibkan melakukan tes TORCH sebelum menikah.

Baca Juga: Penting Dibaca Jelang Menikah: Persiapan Mental, Kognisi, dan Emosi

Nah, itulah tujuh tes kesehatan yang perlu Genbest dan pasangan lakukan sebelum menikah.

Yuk, lakukan tes kesehatan bersama pasangan demi melahirkan keturunan yang sehat di masa depan dan terhindar dari bahaya stunting!

 

Penulis : Tim GenBest.id

ARTIKEL TERKAIT
Kunjungi Genbest.id untuk membaca artikel-artikel lain seputar tumbuh kembang anak