Telur Punya Segudang Manfaat untuk Ibu Hamil dan Menyusui

img
ilustrasi telur

KOMPAS.com - Tahukah kamu kalau telur punya segudang manfaat, utamanya bagi ibu hamil dan menyusui?

Pada dasarnya, telur merupakan makanan yang sangat sehat dan penting untuk dimasukkan dalam diet secara teratur.

Nah bagi ibu hamil dan meyusui, telur adalah sumber vitamin dan mineral. Bahkan, telur punya kandungan vitamin yang tidak ditemukan dalam banyak makanan lain, seperti vitamin D.

Meski demikian, mengolah telur juga perlu hati-hati ya. Telur yang aman bagi ibu hamil dan menyusui adalah telur yang diolah sampai benar-benar matang. Telur mentah atau setengah matang dikhawatirkan masih mengandung bakteri salmonella yang bisa menyebabkan diare.

Bagi generasi bersih dan sehat (genbest) penderita kolesterol, manfaat telur masih bisa diambil dengan mengonsumsi bagian putihnya saja.

Baca juga: Cara Menyimpan Makanan Agar Tetap Higienis

Putih telur tidak mengandung kolesterol, tetapi masih mengandung protein. Akan tetapi, ada lho telur yang bebas kolesterol. Saat ini, jenis telur ini sudah bisa mudah ditemui di pasaran.

Mau tahu lebih lengkap mengenai manfaat telur bagi ibu hamil dan menyusui? Berikut penjelasannya.

Protein

Kandungan protein dalam telur dapat membantu memaksimalkan perkembangan sel-sel janin. Adapun kebutuhan protein harian yang dibutuhkan ibu hamil sebesar 40-70 gram per hari, salah satunya bisa dari telur.

Bagi ibu menyusui, kandungan protein dalam telur dapat membantu menggantikan otot-otot yang rusak saat ibu hamil dan melahirkan. Protein juga baik untuk perkembangan otak si kecil dan untuk sistem kekebalan tubuhnya.

Kolin

Telur kaya kandungan kolin yang dapat membantu memaksimalkan tumbuh kembang otak bayi yang masih dalam kandungan.

Kolin juga berperan menurunkan risiko terjadinya cacat tabung saraf dan membantu janin tumbuh maksimal.

Baca juga: 7 Makanan Tinggi Kandungan Folat, Penting Bagi Ibu Hamil!

Genbest harus memenuhi kebutuhan kolin sebanyak 450 miligram per hari. Dengan mengonsumsi dua butir telur, setengah kebutuhan kolin dalam tubuh sudah dapat terpenuhi.

Jika Genbest termasuk ibu menyusui, kebutuhan kolin harian sekitar 550 miligram per hari. Kolin juga penting dalam perkembangan otak anak yang masih dalam periode pertumbuhan emasnya.

Omega 3

Omega 3 mengandung EPA dan DHA yang dapat meningkatkan perkembangan otak janin.

Selain baik untuk menjaga kesehatan indera penglihatan bayi, kandungan omega 3 dalam telur juga dipercaya dapat menurunkan risiko kelahiran bayi prematur hingga 42 persen.

Bagi ibu menyusui, manfaat omega 3 dapat meningkatkan kualitas produksi air susu ibu (ASI).

Zat besi

Ibu hamil rentan mengalami anemia atau kekurangan zat besi karena kebutuhan zat besi yang meningkat, sekitar 27 miligram per hari saat kehamilan memasuki trimester kedua.

Baca juga: 5 Kesalahan Pemberian Puree yang Bikin Anak Stunting

Dengan mengonsumsi satu butir telur, Genbest sudah memenuhi 1,7 miligram zat besi. Agar lebih optimal, Genbest bisa menggabungkannya dengan beberapa makanan bernutrisi lainnya.

Vitamin D

Telur dikenal akan kandungan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium menjadi lebih baik.

Kandungan vitamin D yang disalurkan oleh ibu menyusui melalui ASI akan membantu memelihara jaringan tulang anak agar lebih kuat. Selain itu, vitamin D juga dapat meningkatkan kekebalan tubuhmu dan mencegah bayi kekurangan kalsium.

Mulai sekarang, Genbest bisa mencari informasi lainnya mengenai seputar kesehatan bayi, remaja putri, ibu hamil, dan hal-hal yang berkaitan dengan pencegahan stunting lewat laman https://genbest.id/. Yuk sadar stunting dimulai dari diri sendiri.

Penulis : Tim GenBest.id

ARTIKEL TERKAIT
Kunjungi Genbest.id untuk membaca artikel-artikel lain seputar tumbuh kembang anak